3 Universitas Lokal Pencetak Founder Startup Unggulan - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

3 Universitas Lokal Pencetak Founder Startup Unggulan

Share This

3 Universitas Lokal Pencetak Founder Startup Unggulan


Startup adalah perusahaan yang belum lama beroperasi dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Berkat kemajuan teknologi di era sekarang, semua orang bisa menunjukkan keahlian mereka dan mendirikan perusahaan sendiri.

Perkembangan startup di Indonesia bisa dikatakan cukup mengejutkan. Ternyata, sudah terdapat lebih dari 1.500 startup lokal yang ada di Indonesia. Selain itu, telah banyak berdiri komunitas startup seperti Startup Lokal (Jakarta), SuBali (Bali), dan Stasion (Malang).

Tentu saja prestasi para founder atau pendiri startup tidak lepas dari keberhasilan bimbingan pendidikan mereka saat di bangku kuliah. Dari banyaknya founder, tiga universitas berikut ini ternyata memiliki rekam jejak cemerlang dalam mencetak para entrepreneur di bidang teknologi.

1. Universitas Indonesia (UI)

Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, UI telah berhasil mendidik founder startup yang cukup terkenal di Tanah Air. Beberapa founder terkenal jebolan dari UI ialah Natali Ardianto (Urbanesia & Tiket.com), Diajeng Lestari (HijUp), Andreas Senjaya (iGrow), Abraham Viktor (Taralite), Aria Rajasa (Tees), dan M. Alfatih Timur (KitaBisa).


2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sebagai bagian dari jajaran 500 universitas terbaik di dunia, ITC juga banyak melahirkan founder startup. Achmad Zaky selaku founder Bukalapak bisa dibilang merupakan founder lulusan ITB yang paling terkenal. Selain itu, masih ada Indrasto Budisantoso (Jojonomic), Gibran Huzaifah (eFishery), Reynazran Royono (Snapcart), Arief Widhiyasa (Agate Studio), Narenda Wicaksono (Dicoding), dan Hanindia Narendrata (Telunjuk).

3. Binus University

Universitas swasta yang terkenal akan jurusan Teknik Informatika ini juga telah melahirkan beberapa founder startup ternama di Indonesia. Ada William Tanuwijaya (Tokopedia), Benny Fajarai (Qlapa), Enricko Lukman (Content Collision), Elvina Tineke (Colony), Bernardus Sumartok (Tripvisto), Kevin Osmond (Printerous), Joshua Kevin (Talenta), Tomy Yunus (Squline), Ilham Syafrialdi (Maskoolin), dan Rein Mahatma (StartupBisnis).

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages