5 Fakta Haikal Si Hacker Lulusan SMP - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

5 Fakta Haikal Si Hacker Lulusan SMP

Share This

5 Fakta Haikal Si Hacker Lulusan SMP


Dunia hacker dihebohkan dengan kemunculan Haikal alias SH. Meski masih belia, pria ini adalah otak dari pelaku peretas atau hacker remaja yang terbilang cukup mumpuni di bidangnya.

Usianya baru 19 tahun dan hanya lulusan SMP, namun kemampuannya meretas situs bisa mencapai skala internasional.

Dan berikut ini adalah 5 fakta unik dan mencengangkan tentang si hacker remaja ini:

1. Haikal meraup keuntungan 4,1 miliar hanya dari meretas dua situs yakni tiket.com dan citilink.com

Ulah Haikal tak hanya sekadar membobol. Ia juga dikabarkan menjual tiket pesawat online secara ilegal. Dari hasil kejahatannya, Haikal diduga mendapatkan keuntungan hingga Rp 4,1 miliar.

Pihak PT Global Networking (tiket.com) mengalami kerugian sebesar Rp 4 miliar karena Haikal berhasil meretas, mengambil, serta menjual jatah deposito tiket pesawat pada server Citilink Indonesia.

Terkait dengan situs tiket.com, Haikal sudah pernah menyampaikannya melalui laman twitter. Haikal mengetahui adanya celah atau bug itu pada oktobet 2016 seperti yang ditulis di twitter pribadinya @SultanMoeslim berikut ini;

“@tiket hi saya telah menemukan “Bug” atau “Celah” di aplikasi http://Tiket.com , apakah kita bsa bekerja sama?,” tulisnya ketika itu.

Sementara itu pihak Citilink sendiri mengalami kerugian sebesar Rp 1,9 miliar karena ada sejumlah orang yang membeli tiket dari sindikat peretas tersebut melakukan pembatalan dan refund.

2. Hanya lulusan SMP ,tapi mempunyai anak buah lulusan SMA

Tidak seperti kebanyakan hacker, Haikal tidak pernah memiliki kesempatan mempelajari ilmu coding disekolah dan mengenyam pendidikan tinggi. Dia hanyalah remaja lulusan SMP. Di lingkungannya, remaja 19 tahun ini dikenal sebagai anak yang kalem.

Dari pengakuan yang diberikan oleh kepolisian, Haikal mengatakan dia hanya belajar cara hack dari internet. Spesialisasinya adalah teknik defacement yang dapat mengubah tampilan homepage sebuah situs.

Sementara itu, tiga anak buah Haikal ditangkap di Balikpapan. Mereka adalah MKU (19), AI (20), NTM (27). Dua orang merupakan lulusan SMA, sementara satu lagi sempat menempuh kuliah tapi tidak diselesaikan hingga lulus.

3. Uang hasil bobol situs untuk beli motor ducati

Dalam aksinya, Haikal diperkirakan memperoleh uang sejumlah Rp 4,1 miliar. Haikal mengaku uang hasil membobol situs ini untuk berfoya-foya. Bahkan Haikal menggunakan uang tersebut untuk membeli motor sport Ducati yang harganya mencapai ratusan juta rupiah.

4. Bikin nitizen wanita gagal focus karna wajah tampannya

Belakangan yang menjadi perhatian peretas muda ini adalah parasnya. Tak sedikit netizen wanita yang gagal fokus hingga menyebut remaja 19 tahun ini tampan.

"Udah pinter, ganteeengg pulaakk jadi inget babang ichang di film fabricated city deh," tulis akun @erlinmutia di Instagram.

"Woohhh ternyata gantengers beneran ganteng yess...," sambung netizen lainnya bernama @detatrisnata.

5. Berhasil bobol 4.600 situs, mulai dari milik Polri hingga situs Garuda Indonesia.

Menurut data kepolisian, Haikal beserta teman-temannya telah berhasil meng-hack 4.600 situs termasuk diantaranya situs milik Polri, pemerintah pusat dan daerah, situs milik Aburizal Bakrie, situs ojek online, hingga situs milik tiket.com. Tindakan Haikal ini awalnya hanya coba-coba. Ia sudah mulai meretas berbagai situs sejak 2016 silam.

Uang itu bukan satu-satunya alasan Haikal menjalankan aksinya. Namun juga karena hobinya, dia juga termasuk anggota sebuah grup facebook bernama ‘Gantengers Crew’.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages