Hati-hati Loh! Ini Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Dibungkus Koran - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Hati-hati Loh! Ini Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Dibungkus Koran

Share This

Hati-hati Loh! Ini Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Dibungkus Koran


Kamu pasti sering tergiur dengan gorengan super panas yang dijajakan di pinggir jalan. Bau gorengan yang semerbak seakan membuat air liur menetes. Jajan makanan yang dijual di luaran memang enak dan menyenangkan. Nah, Karena alasan ekonomi, gorengan ini biasanya disajikan dengan dibungkus dengan kertas koran. Well, Sepintas, tak ada hal yang aneh dengan cara penyajian seperti ini. Tetapi nyatanya membungkus makanan dengan kertas koran ternyata sangat berbahaya untuk kesehatan dan dapat menimbulkan beberapa penyakit yang cukup serius.

Gorengan yang mengandung minyak ternyata berpotensi menyebabkan tinta pada koran yang mengandung bahan kimia merembes pada makanan. Tinta yang digunakan  mengandung bahan kimia karsinogenik yang berbahaya dan mampu menyebabkan banyak masalah kesehatan

Berikut adalah bahayanya.

1. Menyebabkan penyakit kandung kemih dan kanker

Tinta koran mengandung bahan kimia yang ketika menempel di makanan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang parah seperti penyakit kandung kemih hingga kanker paru-paru.

2. Mempengaruhi hormon

Tinta cetak yang digunakan dalam surat kabar berisi beberapa bahan kimia berbahaya, di mana itu akan memengaruhi fungsi hormonal. Hal ini pada akhirnya menyebabkan beberapa masalah kesehatan lain yang terkait

3. Menyebabkan masalah pencernaan

Kandungan bahan kimia dalam tinta koran yang disebut dengan diisobutil phthalate bisa menyebabkan masalah pencernaan yang serius.

4. Mempengaruhi kesuburan

Wanita perlu ekstra hati-hati jika ingin mengonsumsi makanan yang dibungkus koran. Karena, bahan kimia yang terkandung dalam tinta koran bisa memiliki efek serius terhadap reproduksi wanita.

Selain bahaya di atas, anak kecil yang mengonsumsi makanan yang dibungkus dengan koran juga mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh yang membahayakan tubuh. Jadi, jauhi makanan yang dibungkus dengan koran ya.

Biasanya makanan yang dibungkus dengan kertas koran ini banyak ditemui pada pedagang kaki lima. Sebaiknya kamu lebih berhati-hati saat jajan. Perhatikan dulu kemasan pembungkus makanannya, karena biarpun efeknya tidak langsung tampak, tapi mungkin akan terasa di kemudian hari.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages