NASA akan mengirim helikopter ke Mars untuk menguji penerbangan dunia lain - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

NASA akan mengirim helikopter ke Mars untuk menguji penerbangan dunia lain

Share This

NASA mengirim helikopter ke Mars untuk misi yang direncanakan pada 2020

NASA kirim helikopter ke Mars 2020
NASA mengirim helikopter ke Mars, dalam tes pertama pesawat yang lebih berat dari udara di planet lain.

Helikopter Mars akan dibundel dengan badan ruang angkasa Mars Amerika Serikat ketika saat diluncurkan pada 2020.

Tim designnya menghabiskan lebih dari empat tahun menyusutkan helikopter yang bekerja hingga "ukuran bola softball" dan memotong beratnya sampai 1,8kg (4lbs).

Ini secara khusus dirancang untuk terbang di atmosfer Mars, yang 100 kali lebih tipis dibanding Bumi.

NASA menggambarkan helikopter itu sebagai pesawat "lebih berat daripada udara" karena jenis lain - kadang disebut aerostat - adalah balon dan balon udara.

Ilmuwan Soviet menjatuhkan dua balon ke atmosfer Venus pada 1980-an. Tidak ada pesawat yang pernah lepas landas dari permukaan planet lain.

Dua bilah helikopter akan berputar mendekati 3,000 rpm, yang menurut NASA sekitar 10 kali lebih cepat dari helikopter standar di Bumi.

"Gagasan tentang sebuah helikopter yang terbang kelangit dari planet lain sangat menggairahkan," kata Administrator NASA, Jim Bridenstine.

"Helikopter Mars memegang banyak harapan untuk penemuan ilmu pengetahuan, penemuan, dan misi penjelajahan masa depan ke Mars."

Sementara pesawat kecil itu disebut helikopter daripada pesawat tak berawak, tidak akan ada pilot.

Ini akan terbang hampir 55 juta km (34 juta mil) dari Bumi, terlalu jauh untuk mengirim sinyal remote control.

"Bumi akan berjarak beberapa menit cahaya, jadi tidak ada cara untuk memacu misi ini secara real time," kata Mimi Aung, manajer proyek di Jet Propulsion Laboratory NASA.

Sebaliknya, helikopter akan "menerbangkan misi sendiri".

Tim JPL membuat helikopter sangat kecil sekuat mungkin untuk memberikan kesempatan terbaik untuk bertahan hidup.

"Rekaman ketinggian untuk helikopter yang terbang di Bumi ini sekitar 40.000 kaki," kata Aung. "Saat helikopter kami berada di permukaan Mars, itu sudah di Bumi setara 100,000 kaki."

Itu adalah bagian dari alasan mengapa NASA menyebut helikopter Mars sebagai proyek "resiko tinggi".

"Jika tidak berhasil, misi Mars 2020 tidak akan terpengaruh. Jika berhasil, helikopter mungkin memiliki masa depan yang nyata sebagai pramugari terbang rendah dan kendaraan udara untuk mengakses lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh perjalanan darat," kata NASA dalam sebuah pernyataan.

Kendaraan Mars yang ada adalah perangkat beroda, yang harus menavigasi di sekitar banyak rintangan di jalan mereka dan telah terbatas pada ruang terbuka yang cukup besar di permukaan Mars.

Salah satu kendaraan semacam itu, Spirit rover, terjebak di sepetak pasir pada tahun 2009, di mana ia akhirnya kehabisan daya dan mati.

Mars 2020 rover - ditemani oleh pendamping helicopter - akan diluncurkan pada bulan Juli tahun itu dan tiba di planet merah itu pada February 2021.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages