Kamu bisa berhenti mengganti oli mobilmu terlalu sering - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Kamu bisa berhenti mengganti oli mobilmu terlalu sering

Share This

Apa yang kamu tidak tahu tentang oli mobilmu adalah mungkin menghabiskan waktu dan uangmu.

ganti oli mobil terlalu sering
Terlalu banyak jalur dealer service dan tempat ganti oli masih membuat kamu merasa seperti orang tua yang buruk jika kamu tidak mengganti oli mobilmu setiap 3.000 mil, tapi tahun 1970 telah berakhir dan begitu juga persyaratan begitu.

Mesin dibuat lebih presisi toleransinya saat ini, berarti ada sedikit slop internal yang mengarah ke keausan dan kurang membutuhkan minyak untuk beroperasi sebagai bantalan antara bagian yang berselisih. Minyak sangat penting, tetapi permesinan dan metalurgi canggih memastikan umur panjang lebih dari yang sebelumnya.

Mobil modern sering memiliki indikator adaptif pada dashbor yang memantau waktu dan frekuensi pengendaraan anda, siklus suhu dan RPM mesin dari waktu ke waktu untuk memberikan rekomendasi interval penggantian oli adaptive. Jika anda menggunakan mobil anda untuk membuat pengiriman pizza di Manhattan selama gelombang panas, itu mungkin menyarankan pergantian oli yang lebih awal. Sebagian besar kebiasaan mengemudi lainnya akan berada dibawah rekomendasi standar.

Keadaan utama oli itu rusak adalah hilangnya viskositas, saat menjadi lemah dan kurangnya melindungi karena rantai molekulnya rusak dibawah panas dan tekanan. Oli anda secara efektif menjadi nilai viskositas yang lebih rendah saat itu terjadi, memberikan perlindungan yang lebih sedikit. Tapi oli sentetis umumnya saat ini hanya menahan jenis kerusakan itu jauh lebih baik daripada yang lama non-sintetis.

Mobil modern tidak membebankan oli pada perubahan suhu tinggi seperti yang dilakukan mobil beberapa dekade yang lalu; Amda hampir tidak pernah melihatnya mendidih di sisi jalan saat ini. Sistem pendinginan antipeluru ini berarti oli mesin jarang panas seperti dulu.

Selain dari semua permesinan ini, ada beberapa faktor pasar yang menarik untuk dipikirkan.

Sedikit pembeli mobil cenderung mempertahankan mobil sampai memiliki 300.000 mil atau sampai mereka mati, mana saja yang lebih dulu. Berbicara tentang itu. Sebagian besar dari kita tidak menginginkan mobil yang ketinggalan jaman ada di jalan; yang mungkin absen terlalu banyak keamanan dan kemajuan teknologi.

Ada teori lama di luar sana yang bahwa pembuat mobil ingin mobil anda aus lebih cepat daripada lebih lama jadi mereka dapat menjual kepada anda yang baru. Saya tidak dapat membayangkan banyak konsumen membeli jenis mobil uang sama setelah kerusakan mesin secara sistematis. Justru sebaliknya.

Pertumbuhan penyewaan juga merupakan faktor yang sangat besar. 3,9 juta mobil akan keluar dari sewa dan sering dikembalikan pada pembuat mobil pada 2018, perlu dijual atau disewa kembali dengan garansi pabrik yang diperpanjang. Pembuat mobil tidak ingin banyak mesin bom waktu di sudut jalan untuk memperbaiki jalanan. Kita semua berpikir para insiyur dan perancang menjalankan perusahaan mobil, tetapi CFO benar-benar melakukannya dan biaya semacam ini sangat banyak dalam pikiran mereka.

Ada saat ketika mengganti oli anda jauh lebih sering membelikanmu jaminan yang berarti. Itu juga ketika sabuk pengaman adalah pilihan.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages